Secara singkat dapat dikatakan bahwa perkembangan seni selalu identik dengan perkembangan masyarakat pendukungnya. Melekat  dan berkembang  secara turun temurun di lingkungan masyarakatnya.

Seiring dengan Perkembangan jaman, ada beberapa perkembangan kesenian daerah Jawa Barat. Perkembangan musik  tradisional  di Jawa Barat. Pada masa kini terdapat 242 jenis seni pertunjukan tradisional yang masihhidup. Seni tradisi tersebut diantaranya..... terdapat di desa Lelea Indramayu berupa pertunjukan gamelan sekaten,  tari topeng, dan ronggeng. Acara ini dilakukan setahun sekali dalam upacara “Ngarot” yang merupakan acara tahunan. Seni tradisional lainnya terdapat di daerah Garut yang sampai saat ini masih berkembang seni Ciawian, Cigawiran, Toplek dll. Di Bekasi masih ada  musik Gambang Kromong, dan masih banyak lagi contoh lainnya diseluruh daerah Jawa Barat.

Seni tradisional adalah produk budaya lama yang tumbuh, hidup, dan berkembang di masyarakat setempat serta menjadi miliknya. Seni tradisi bersumber dari peristiwa adat yang khas dari masyarakat setempat yang kemudian berkembang secara turun temurun di lingkungan masyarakatnya. Salah satu  kesenian asli Daerah Jawa Barat adalah Karawitan
Karawitan vokal adalah seni yang menggunakan suara manusia, dalam istilahnya disebut sekar. Hidangan sekar disebut sekaran. Penghidangnya disebut juru sekar yang terdiri dari wiraswara (pria) dan swarawati / waranggana (wanita). Ditinjau dari penggunaan iramanya  karawitan sekar dibagi menjadi dua bagian besar yaitu:
1). Sekar Tandak yaitu bentuk sekaran yang terikat oleh ketukan dan wiletan. Dalam hal ini  erat sekali hubungannya dengan gending sebagai     pengiringnya(keterpaduan sekar dan      gending). Sekar tandak dibedakan :     Sindenan, Kawih, Ketuk tilu, Lagu-lagu Indria.
2). Sekar Irama Medika yaitu sekar yang tidak terikat  oleh irama (ritme). Jenisnya:  Tembang, Beluk, serta Kakawen.
Adapula  Seni Pertunjukan Tradisi yang  Populer. Seni pertunjukan yang populer di daerah-daerah Jawa Barat diantaranya banyak sekali yang diambil dari nama alat musik yang digunakan seperti contohnya :
Angklung
Angklung adalah alat musik yang terbuat dari bamboo dan dimainkanya dengan cara di gerakkan atau di getarkan
Calung
Seni pertunjukan yang menggunakan alat musik pukul dari bambu. Jenisnya ada calung  gambang calung gamelan, calung jing jing.
Rengkong
Jenis pertunjukan yang menggunakan alat pemikul padi sebagai alat musiknya. Suara yang keluar dari alat pemikul itulah sebagai irama musik rengkong.
Pantun
Seni pertunjukan yang menyajikan sebuah cerita berupa lagu yang dibawakan oleh juru pantun dan ada juga yang dibawakan olwh dua orang atau lebih dengan saling berbalas-balasan.
Tarawangsa
Kegiatan berkesenian dalam rangka upacara adat yaitu acara menyimpan padi di lumbung yang dilakukan oleh para petani sebagai hasil panen yang disimpan untuk tambahan hasil panen yang akan dijual ke pasar.
Ngotrek
Kegiatan upacara pembukaan tanda dimulainya kegiatan menumbuk padi menggunakan lesung. Kegiatan ini disebut juga dengan gondang.
Tutunggulan
Menumbuk lesung secara beramai-ramai dalam rangka hajatan berupa hitanan atau kawinan.
Galeong
Acara hiburan bagi anak remaja setelah acara panen selesai.
Angklung Bungko
Adegan upacara di daerah bungko, Cirebon.