Cara Membuat Proposal Yang Baik
Peluang usaha yang ada saat ini sangat luas bila kita dapat melihatnya secara jeli Ada pepetah yang mengatakan jika peluang atau kesempatan itu tidak datang dua kali, oleh sebab itu kita harus dapat memanfaatkan peluang tersebut secara bijaksana. Salah satu cara untuk mengambil peluang usaha yang ada tersebut adalah dengan membuat perancanaan bisnis. Perencanaan bisnis dibuat agar kita dapat melihat peluang yang ada tersebut dapat menghasilkan keuntungan atau tidak. Perencanaan bisnis biasanya dituangkan dalam bentuk proposal bisnis. Proposal bisnis ini dapat berfungsi sebagai alat dalam mencari rekan bisnis seperti investor, sponsor, atau pun sebagai sarana untuk meyakinkan pihak klien terhadap jasa atau produk yang di tawarkan.
Membuat proposal bisnis yang sukses harus memiliki keterampilan yang khusus, tidak semua orang dapat membuat proposal bisnis dengan baik dan benar serta menarik. Proposal bisnis yang kurang menarik biasanya kurang mendapat respon yang baik dari investor ataupun pelanggan.Dengan menyusun proposal bisnis dengan baik dan benar maka kita telah melakukan perencanaan terhadap peluang bisnis akan kita jalani. Ada prolog dari David J. Schwartz yang mengatakan ”Jika Anda Merencanakan Kegagalan, Itu Berarti Anda Merencanakan Untuk Gagal”.
Sebenarnya dalam pembuatan proposal yang baik dan mengena, saya sarankan anda dalam menulis proposal memposisikan diri menjadi si pembaca proposal (target audience). Anggap target audience adalah orang yang benar-benar tidak mengerti mengenai bisnis anda, gunakan bahasa yang attractive, jangan terlalu resmi. Jelaskan maksud, proses, dan tujuan proposal anda dibuat dengan jelas dan ringkas.
Untuk proposal partnership EO saya sarankan anda untuk menjelaskan :
1. perkenalkan siapa diri anda secara profesional (menjual siapa diri anda)
2. jelaskan apa tujuan anda mengadakan kegiatan acara tersebut baik dari sisi aspek sosial dan aspek bisnisnya
3. jelaskan keuntungan sang sponsorship jika mereka ikut mensponsori kegiatan acara anda ditinjau dari sisi bisnis sang sponsorship
4. detail kegiatan acara anda
5. jelaskan aspek biaya yang anda lempar untuk pembiayaan kepada sponsorship
6. jelaskan program sponsorship yang anda tawarkan secara detail beserta biayanya
Daftar isi proposal yang saya sarankan adalah sebagai berikut:
1. Cover Proposal
2. Hak Cipta Proposal
3. Daftar Isi
4. Pendahuluan
i. Latar Belakang
ii. Maksud dan Tujuan
5. Aspek Organisasi
6. Aspek Kegiatan Acara
i. Nama Kegiatan
ii. Keunikan Acara
iii. Tujuan Acara
iv. Sasaran
v. Jadwal Pelaksanaan Acara
vi. Rincian Kegiatan Acara
7. Aspek Keuangan dan Biaya
8. Penyelenggara Acara
9. Penawaran Kerjasama Sponsorship
i. Sponsor Tunggal
ii. Sponsor Utama
iii. Sponsor Pendaping
iv. Sponsor Lain
10. Penutup
Mungkin demikian masukkan dari saya, semoga bisa membantu Anda dalam membuat proposal dengan baik dan mengena.